Lisensi Windows yang Dijual Seharga Rp. 100-200 Ribu Ori Gak Sih?

Ketika kita membeli sebuah komputer atau laptop baru, hal utama yang harus dilakukan yaitu menginstal sistem operasi atau biasa disebut OS. Windows merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia, karena kompatibel dengan banyak hardware, software maupun games, serta mudah digunakan. Meskipun seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa kita harus membeli Lisensi Windows untuk menggunakannya, dan harga nya Muuaahaaaaall..!!

Jenis Lisensi

Eiits.. Tunggu dulu, tapi saat ini ada banyak kok lisensi Windows yang dijual di lapak Online dengan harga Rp. 100-200 ribuan, harga ini jauh lebih murah dibandingkan harga lisensi Windows yang dijual di web resmi Microsoft. Nah pertanyaan nya sekarang, itu Lisensi Windows yang Dijual Seharga Rp. 100-200 ribu sebenernya ori gak sih?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas 3 jenis Lisensi Windows :

1. Lisensi Retail

Retail

Lisensi ini biasa disebut Full Package Product yang bisa kita dapatkan di Microsoft Store atau retail yang menjual secara resmi. Biasanya, lisensi ini berupa produk fisik yaitu terdapat DVD installer, manual book, dan product key untuk aktivasi.
Kelebihan dari lisensi ini yaitu lisensi bisa dipindahkan ke komputer lain, mau gonta-ganti komponen bebas, mau install ulang OS tinggal aktivasi lagi, dan mendapat full support dari Microsoft. Kelemahannya harga nya Muuaahaaaaall..!! sekitar Rp. 2 jutaan.


2. Lisensi OEM (Original Equipment Manufacture)

OEM

Lisensi ini biasanya nempel di hardware baik itu laptop atau desktop branded PC. Nah biasanya kalo kita beli laptop atau PC baru biasanya sudah ada yang terinstal sistem operasi Windows ori dari pabrikannya.
Ini bisa jadi solusi bagi kalian yang ingin menggunakan Windows ori dan legal tapi tetep hemat ya tinggal beli aja laptop atau PC baru yang sudah ada Windows nya.
Kelemahannya lisensi ini tidak bisa dipindah ke komputer lain karena nempel di hardware, dan tidak mendapat support langsung dari Microsoft karena lisensi ini dipegang oleh brand PC tersebut.


3. Lisensi Volume
Lisensi Volume

Lisensi yang diberikan kepada bisnis dan perusahaan yang punya banyak PC, sehingga Microsoft menjual lisensi yang dapat diinstal ke seluruh PC yang ada di perusahaan tersebut. Berapa jumlahnya? Itu tergantung perjanjian kerja sama antara Microsoft dan perusahaan. Seperti kampus ane di STIKOM Bali yang udah kerja sama dengan Microsoft makanya seluruh PC di kampus, laptop milik dosen dan mahasiswanya menggunakan lisensi Windows ori.

Cara mengecek jenis lisensi Windows laptop atau PC :

Nah.. untuk mengecek lisensi Windows apa yang ada di PC / laptop kalian, begini caranya :
Buka Command Prompt dan ketik perintah : slmgr –dli lalu tekan Enter. Dan akan terlihat apakah lisensi Windows kita itu Retail, OEM, atau Volume.

Cek Lisensi

Lisensi Windows yang Dijual Seharga Rp. 100-200 Ribu Ori Gak Sih?

Nah.. Kalau balik lagi ke pertanyaan Lisensi Windows yang Dijual Seharga Rp. 100-200 ribu ori gak sih?
Kalau kita mengacu pada 3 jenis lisensi tadi, udah pasti lisensi itu bukan Retail atau Full Package Product, melainkan bisa jadi lisensi itu OEM atau Volume atau bahkan lisensi Retail hasil curian atau proses hacking. Apakah lisensi itu ori? Jawabannya jelas ORI. Apakah lisensi itu legal atau ilegal? Sebenrnya legal karena Microsoft sendiri yang mengeluarkan lisensi tersebut, ilegal karena lisensi ini sebenernya tidak ditujukan untuk penggunaan pribadi.
Yang jelas ini tidak etis karena kita tidak melalui jalur yang semestinya untuk mendapatkan Windows tersebut.

Kesimpulan

Semua kembali lagi ke kalian karena itu pilihan kita masing-masing apakah mau menggunakan Windows ori atau bajakan, atau lebih memilih menggunakan sistem operasi lain seperti Linux karena gratiss dan dengan sistem open source nya bisa dioprek-oprek sesuai keinginan kita sendiri.

Kalo kalian menggunakan Windows bajakan, gak usah koar-koar dan terlalu bangga dengan ngomong “tinggal cari krack nya aja gan susah amat”, karena gak semua orang mau dapetin sesuatu dengan cara gak resmi kayak gitu.

Share this :

0 comments on “Lisensi Windows yang Dijual Seharga Rp. 100-200 Ribu Ori Gak Sih?Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published.