Pentingkah Membuat CV Kekinian ala Generasi Milenial Zaman Now?

Hal penting pertama ketika melamar pekerjaan adalah curriculum vitae (CV) yang menarik dan menjual. CV tidak hanya memberikan rangkuman informasi dan kualifikasi diri pelamar, tapi juga harus menonjolkan kelebihan dari si pelamar, apa yang membuatnya harus dipilih dari sekian banyak pelamar lain. Salah satu cara agar CV kita dilirik oleh HRD yaitu dengan membuat CV Kekinian.

Ya, ini yang terkadang dilupakan para pelamar kerja. Mereka cenderung membuat dan mengirim CV yang sama ke berbagai jenis perusahaan (atau posisi pekerjaan) untuk efisiensi, padahal CV yang standing out, yang berbeda, yang spesifik, itulah yang dicari. Karena itu CV yang bagus haruslah tailor-made, disesuaikan dengan perusahaan yang akan dilamar, lebih spesifik lagi, posisi yang diinginkan.

CV Kekinian

Apa sih CV kekinian itu?

CV kekinian merupakan CV yang didesain secara menarik dan memiliki variasi warna serta disertai objek-objek berupa gambar, chart, diagram, dan sebagainya. CV kekinian dibuat untuk menarik perhatian HRD sehingga mau membaca CV tersebut.

Pentingkah Membuat CV Kekinian
ala Generasi Milenial Zaman Now?

1. Kesan Pertama

Kesan Pertama

Banyak perusahaan yang benar-benar menilai buku dari sampulnya. Terutama jika perusahaan yang Agan tuju menerima ratusan CV untuk lowongan yang sama. Bagaimana perusahaan bisa memilih CV Agan untuk dipertimbangkan kalau CV milik Agan terlihat biasa saja dan tidak menonjol ditumpukkan CV pelamar lain?


2. Menunjukkan Profesionalitas

Menunjukkan Profesionalitas

Saat perusahaan menerima CV Agan, secara otomatis HRD akan membuat beberapa keputusan. Dengan membuat CV yang menarik, maka HRD akan menilai kalau Agan meluangkan waktu untuk mendesain CV ini dan menunjukkan keseriusan dan profesionalitas Agan untuk pekerjaan ini.


3. Mudah Dicari

CV Kekinian Mudah Dicari

Karena CV Agan tampil beda dari CV lainnya sehingga mampu mempermudah HRD mencari CV milik Agan di antara tumpukan CV yang lain.


4.  Menambah Nilai Kerapian dan Lebih Terstruktur

CV Kekinian Rapi dan Terstruktur

Sebuah CV yang tidak memiliki desain dan tata letak menunjukkan bahwa orang yang membuatnya tidak memiliki nilai kerapian dan perhatian yang cukup terhadap detail. Padahal dua hal tersebut cukup diperhatikan saat menilai pelamar kerja.


5. Kesempatan Agan Lebih Tinggi

Kesempatan Tinggi

Di antara banyaknya pelamar yang mengirimkan CV, Agan akan dinilai kreatif, inovatif, dan berani tampil beda dibandingkan para pelamar lain. Sehingga HRD akan sangat tertarik kepada Agan dan kesempatan Agan untuk mendapat panggilan interview akan jauh lebih tinggi. Jadi, pentingkah membuat CV Kekinian?


CV Online

Bahkan di era digital seperti sekarang, CV tidak hanya berbentuk selembar kertas saja. Melainkan bisa dibuat lebih kreatif lagi seperti membuat CV online yang dapat disakses dimana pun kapan pun. Dengan menggunakan nama agan sendiri sebagai nama domain sehingga agan akan lebih terlihat profesional dan dinilai mampu mengikuti perkembanagan zaman.

Berikut ini CV Online milik saya :

>> CV Online – Indra Bayu <<

Kesimpulan

CV yang bagus memang tidak menjamin kita mendapatkan pekerjaan. Tapi CV yang tidak bagus bisa saja mengakibatkan kita kehilangan kesempatan untuk maju ke tahap berikutnya.

Share this :

0 comments on “Pentingkah Membuat CV Kekinian ala Generasi Milenial Zaman Now?Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published.