menghubungkan mikrotik ke internet

Cara Menghubungkan Mikrotik ke Internet Menggunakan Theatering Smartphone

Haloo.. Apa kabar semuanya? Semoga sehat selalu ya.. Kali ini aku mau berbagi sedikit tutorial mengenai cara menghubungkan Mikrotik ke internet menggunakan theatering smartphone. Kebetulan hobi ku sendiri suka oprak-oprek yang berhubungan dengan komputer khususnya jaringan, jadi kurang afdol kalo punya Blog tapi belum pernah membahas tentang alat yang pasti selalu digunakan pada sebuah jaringan yaitu Router, salah satunya yaitu Mikrotik.

Pertama aku mau jelasin sedikit apa itu Mikrotik, jadi Mikrotik itu adalah nama sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Latvia yang bergerak di bidang produksi hardware dan software khususnya yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer.

Mikrotik menyediakan banyak produk hardware maupun software yang digunakan untuk konektivitas internet di sebagian besar negara di seluruh dunia. Salah satu perangkat unggulan dari Mikrotik yaitu Routerboard Mikrotik yang merupakan perangkat mini PC di dalamnya telah terisntal Mikrotik RouterOS yang berfungsi menjadi router jaringan yang sangat handal dan kaya dengan fitur yang tersedia.

Kebetulan kemarin aku baru saja membeli sebuah perangkat routerboard Mikrotik lewat salah satu online shop, untuk keperluan belajar dan mendalami Mikrotik itu sendiri. Ada banyak varian routerboard Mikrotik, semakin mahal harganya maka fitur dan spesifikasi yang ditawarkan akan semakin besar. Karena kebutuhan ku hanya untuk belajar, aku membeli perangkat Mikrotik yang cukup murah saja, yang berisi 4 port LAN dan 1 interface wireless yaitu RB-941 2ND TC atau sring disebut dengan Mikrotik Hap-Lite dengan harga Rp. 300.000.

Selain itu aku juga membeli sebuah buku Mikrotik yang menjadi rekomendasi bagi para pemula yang ingin mempelajari Mikrotik dari pemula hingga mahir yaitu buku Mikrotik KungFu Kitab 1-4 dengan harga Rp. 300.000 juga. Nantinya aku akan membagikan ilmu yang aku dapat dari buku ini kepada kalian, dan kali ini aku akan membahas paling dasarnya dulu yaitu menghubungkan Mikrotik ke jaringan internet.

“Cara Menghubungkan Mikrotik Ke Internet Menggunakan Theatering Smartphone”

A. Persiapan Alat dan Bahan :

1. Miktoritk Routerboard yang memiliki interface wireless. Dalam tutorial ini, saya menggunakan RB-941 2nd TC (Hap-Lite).

2. Komputer / Laptop untuk setting Mikrotik.

3. Kabel LAN untuk menghubungkan Mikrotik ke Laptop / PC.

4. Koneksi internet Wi-Fi / theatering dari smartphone.

5. Software Winbox untuk konfigurasi Mikrotik.

 

B. Login ke Mikrotik

1. Nyalakan routerboard Mikrotik dengan menghubungkan adaptor ke stop kontak listrik.

2. Setelah Mikrotik menyala, colok kabel LAN ke port ether 2 di Mikrotik dan dihubungkan ke port LAN pada komputer.

3. Buka aplikasi Winbox, atau jika belum punya dapat mendownload Winbox versi terbaru pada situs resmi Mikrotik disini.

4. Berikut ini tampilan awal aplikasi Winbox, apabila Mikrotik telah terhubung ke komputer dengan benar, maka akan terlihat nama dan tipe routerboard yang digunakan.

Mikrotik Terdeteksi

5. Apabila routerboard sama sekali belum pernah disetting, maka secara default Mikrotik tidak memiliki IP address, sehingga kita harus login menggunakan MAC address. Kemudian klik pada MAC Address Mikrotik sehingga pada kolom Connect To akan terisi MAC address secara otomatis, kemudian secara default untuk Username : admin dan Password : <kosong>.

Username dan Password

6. Apabila kalian lupa dengan username / password untuk login, maka Mikrotik harus direset ulang agar kembali ke settingan default, cara mereset ulang Mikrotik dapat dilihat disini.

 

C. Melakukan Koneksi Jaringan Wireless

1. Setelah login berhasil akan muncul banyak menu konfigurasi di Winbox, dan akan terlihat tampilan list interface yang terdapat pada routerboard. Terlihat pada ether2 terdapat simbol huruf R yang artinya running karena terhubung dengan komputer. Dan juga terlihat interface simbol silang (X) pada wlan1 karena status interface tersebut masih disable.

List Interface Masih Disable

2. Pilih interface wlan1 kemudian klik tanda centang (√) untuk melakukan enable pada interface wlan1 sehingga dapat digunakan. Setelah itu pilih menu Wireless yang ada pada panel sebelah kanan untuk mengkonfigurasi wireless.

List Interface Sudah Enable

3. Pada tampilan Wireless Table, klik 2 kali pada wlan1 sehingga akan muncul tampilan konfigurasi interface <wlan1>.

Tampilan Wireless Table

4. Klik tombol Scan yang ada di sebelah kanan untuk mencari jaringan wireless yang ada di sekitar kita.

Lakukan Scan

5. Klik tombol Start untuk memulai proses scan.

Mulai Scan

6. Tunggu beberapa saat sehingga akan muncul list nama SSID jaringan wireless yang ada di sekitar kita. Pilih nama SSID dari wifi / hotspot theatering yang ingin kita sambungkan, setelah itu klik Connect.

Connect ke Jaringan Wireless

7. Kemudian akan muncul kembali tampilan interface <wlan1> namun isian pada kolom frequency dan SSID akan berubah sesuai dengan jaringan wireless yang kita koneksikan tadi. Setelah itu klik tombbol Apply dan OK.

Berubah SSID

8. Apabila jaringan wireless yang kita koneksikan tadi, tidak berisi password / autentikasi untuk menghubungkannya maka secara otomatisinterface wlan1 telah berhasil terhubung ke jaringan wireless tersebut dan akan berisi simbol huruf R pada interface wlan1.

Tampilan Wireless Table

9. Namun, jika jaringan wireless berisi passord, maka terlebih dahulu kita harus membuat password agar dapat terhubung ke jaringan wireless tersebut. Dengan cara pindah ke tab Security Profiles. Kemudian klik simbol tambah (+) untuk membuat password.

Tampilan Security Profile

10. Pada tampilan New Security Profile, isi tipe autentikasi yang digunakan pada jaringan wireless yang kita hubugnkan, dan isi password pada kolom WPA dan WPA2 Pre-Shared Key, setelah itu klik Apply dan OK.

Isi Password

11. Setelah berhasil membuat security profile baru yaitu dengan nama profile1, kemudian balik kembali ke tab WiFi Interfaces.

Profil Berhasil Dibuat

12. Klik 2 kali pada wlan1 sehingga akan muncul tampilan konfigurasi interface <wlan1>.

Tampilan Wifi Interface

13. Dan langkah terakhir, pada kolom Security Profile ubah default menjadi nama security profile yang tadi kita buat yaitu profile1, kemudian klik Apply dan OK.

Ubah Security Profile

14. Dan akhirnya.. Jika berhasil terhubung ke jaringan wireless, maka akan muncul simbol R pada wlan1 baik itu di tampilan Wireless table maupun di tampilan Interface List.

Berhasil Terhubung 1

Berhasil Terhubung 2

 

D. Setting IP Address pada Mikrotik

1. Saat ini kita telah berhasil terkoneksi pada jaringan wireless yang menjadi sumber internet, namun Mikrotik masih belum dapat terkoneksi ke internet karena Mikrotik belum memiliki IP address sebagai pengenal bagi komputer yang terhubung ke jaringan internet.

2. Ada 2 cara dalam melakukan setting IP address pada Mikrotik yaitu :

a. Melakukan setting IP address secara manual, namun kita harus mengetahui segmen IP address yang dapat digunakan untuk terhubung ke internet melalui jaringan wireless tersebut. Cara setting IP address secara manual dapat dilihat disini.

b. Melakukan setting IP address secara otomatis, dengan syarat WiFi yang terkoneksi pada Mikrotik memiliki fitur DHCP agar client yang terkoneksi dapat dengan mudah mendapatkan IP address. Untuk pembahasan kali ini, kita akan melakukan setting IP address secara otomatis, karena WiFi yang saya gunakan mengaktifkan setting DHCP server.

3. Kemudian pilih menu IP -> DHCP Client yang ada pada panel sebelah kanan, dengan mengaktifkan DHCP client maka Mikrotik akan melakukan request IP address ke router wireless yang terhubung, apabila router yang terhubung mengaktifkan DHCP server maka secara otomatis Mikrotik akan mendapatkan IP address.

Masuk ke DHCP Client

4. Kemudian klik simbol tambah (+) uantuk membuat konfigurasi baru pada DHCP client.

Buat DHCP Client

5. Kemudian pilih interface wlan1 karena interface ini yang terhubung dengan koneksi WiFi, centang kedua pilihan, dan aktifkan Add Default Route, setelah itu klik Apply lalu OK.

Add DHCP Client

6. Tunggu beberapa saat proses request IP address, terlihat pada gambar status wlan1 masih searching.

Proses Searching

7. Setelah Mikrotik mendapatkan IP address dari jaringan wireless yang terhubung, maka status DHCP client pada wlan1 akan berubah menjadi bound.

Status Bound

8. Dan terakhir, kita dapat memilih menu IP – > Addresses, dan pada tampilan Address List akan terlihat satu buah IP Address pada interface wlan1 yang berisi simbol huruf D yang berarti IP address otomatis dari DHCP client.

Tampilan IP Address

 

E. Menguji Koneksi Internet pada Mikrotik

1. Pada step ini, seharusnya Mikrotik yang kita gunakan sudah dapat terkoneksi ke internet. Untuk melakukan pengujian tersebut dapat melakukannya dengan memilih menu Terminal yang ada di panel sebalah kanan.

Tampilan Terminal

2. Pada Terminal kita dapat menguji koneksi internet dengan perintah “ping”, contohnya ping youtube.com atau ping indrabayu.my.id. Apabila muncul tampilan seperti gambar di bawah, maka artinya Mikrotik telah berhasil terhubung ke internet.

Ping Berhasil

3. Namun jika belum berhasil, kalian perlu menmastikan apakah jaringan wireless yang terkoneksi ke Mikrotik memiliki akses internet, atau kalian bisa mengecek kembali settingan pada Mikrotik dari awal.

Internet Connected !

Sekian pembahasan mengenai Tutorial Mikrotik kali ini, pembahasan ini baru menghubungkan Mikrotiknya saja ke internet, lalu bagaimana cara agar komputer / laptop yang terhubung ke Mikrotik juga mendapat akses internet? Ok, nantikan Tutorial Mikrotik lainnya di blog ini.

Semoga apa yang sedikit aku bagikan ini, dapat bermanfaat bagi kalian semua. Dan silahkan di share agar lebih banyak orang yang mendapat manfaat dari artikel ini. Terima kasih banyak bagi pembaca yang sudah mampir.. 🙂

Share this :

0 comments on “Cara Menghubungkan Mikrotik ke Internet Menggunakan Theatering SmartphoneAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published.